Sabtu, 18 Juni 2011

BERINTERAKSI DENGAN SEMUA KALANGAN SIAPA TAKUT?

Judul         : Jangan Katakan “Tidak”
Penulis      :Muhammad Said Mursi
Penerbit     :SAHARA PUBLISHER
Cetakan     :2 Muharram 1427H 
         
    Tebal         : 291
    Berinteraksi dengan baik dan benar. Merupakan sebuah tuntutan bagi orang yang hidup dalam suatu komunitas. Namun tuntutan tersebut akan menjadi mudah jika tahu ilmunya. Karena berinteraksi dengan baik dan benar tidak semudah membalikkan telapak tangan. akan mengahadapi manusia dengan watak dan tabi’at yang berbeda-beda satu sama lainnya. Diantara mereka ada yang bisa diajak bercanda, dan ada yang tidak. Orang yang bisa diajak berncandapun masih ada beberapa kemungkinan. Ada diantara mereka yang hanya mau dicandai dengan gurauan-gurauan yang berbobot, bukan dengan gombalan murahan yang tak berarti.  Ada juga yang sangat sensitif perasaannya sehingga akan sangat mudah  marah.
    walaupun hanya dengan sebab yang spele. Ada juga yang suka dicandai dengan apa saja. Ada pula yang mudah terpengaruh atau selalu berburuk sangka terhadap orang lain.
    Dengan demikian berinteraksi dengan orang lain haruslah terlebih dahulu memperhatikan sifat, tabi’at, situasi dan kondisi orang tersebut. Bukan mengikuti kemauan sendiri
    Sungguh luar biasa  jika seandainya seseorang bisa mengendalikan dirinya sendiri. Di saat marah tapi masih bisa bertuturkata dengan baik. Di saat benci tapi masih bisa berlaku kasih. Di salah satu sisi menolak tapi di sisi yang lain menyetujuinya. pada saat yang tepat, kepada orang yang tepat, dengan alasan yang tepat, dan pada porsi yang tepat pula.
    Buku ini menjawab tentang kemungkinan-kemungkinan di atas. Walaupun memang kenyataannya tidak mudah berinteraksi dengan baik dan benar dengan orang lain yang kita sebelumnya tidak mengetahui watak dan tabi’atnya.
    Tapi tidak kemudian membuat kita minder, takut, merasa tidak bisa bertutur kata dan berinteraksi dengan baik. Sehingga berdiam diri seribu bahasa di rumah tanpa berinteraksi dan berkomunikasi dengan siapapun.
    Di samping itu juga buku ini mengajarkan kita, bagaimana  cara bergaul, adab berinteraksi dengan sesama manusia, dengan alam, dan dengan kehidupan. Karena dalam al-quraan allah memperkenalkan Hablun minallah wa hablumminannasi.
    Dengan menyajikan kosep menakjubkan untuk anda simak. Dengan tutur bahasa yang mudah dicerna. di dalamnya juga terdapat kisah-kisah, teladan rosulullah SAW. Para sahabat, Tabi’in,  serta tokoh-tokoh islam terkenal lainnya dalam berinteraksi. Dengan dilandasi oleh dalil-dalil Al-quraan, Sunnah, dan Atsar-Atsar dari sahabat nabi maupun kaum salafussaleh, Sehingga pembaca akan percaya, dan mengambil ilmunya untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.  
    Pada dasarnya buku ini menjelaskan pada kita bagaimana berinteraksi dengan orang lain. dan mengajak suami-istri, bapak-ibu, guru-murid, dokter-pasien, karyawan-atasan, dan sebagainya untuk angkat bicara.
    Di dalam buku ini tidak hanya sekedar bermuatan teori belaka. Melainkan praktek dengan ‘warna’ beragam pelaku. Masing-masing warna berada tepat sesuai  dengan tempatnya. Inilah gambaran sekaligus bukti kesuksesan rosulullah SAW dan  salafussaleh dalam berinteraksi. Yang diangkat oleh penulis berbakat Muhammad said mursi. Dan dilengkapi dengan tips-tips beharga sehingga ke bahasa lisan  yang paling bagus untuk diikuti.
    Bagi anda yang ingin melihat teladan rosulullah SAW. Dan Salafussaleh dari sisi berinteraksinya. Maka buku ini layak dibaca.

    3 komentar:

    1. bener bgt sobat buku ii layak untuk dibac, ane saja baca belum habis tapi dh bnyak isinya yg bagus ane dpat kren bgt,, thanks

      BalasHapus
    2. ne koks blog ga di update sih dah 1 tahun,,,

      BalasHapus
    3. soorrynyg ounyanblog lgy sibukkk

      BalasHapus